31 Juli 2011

PLH - Upaya Pemulihan Lingkungan Hidup

oke sekarang kita belajar tentang lingkungan... LINGKUNGAN SEKITAR KITA

kalian tau gak sih,, kalo misalnya air tanah dijkarta tuh udah berkurang,, global warmin juga uah mewabah..
jadi gimana anak cucu kita yang bakal tinggal di dunia ini 1.0000000 tahun lagih?
pasti sengsara yah? (AHAHAHHAHA)

nah maka ituh admin mau ajarin kalian (ceelaah).. bentar admin ambil buku dulu  yaah (-_-)

nah okee..



Menjaga Lingkungan Itu Penting!! 

Lingkungan adalah suatu tempat yang kita tinggal. Maka dari itu, kita harus menjaganya dengan baik. Untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Kita dapat melakukan salah satunya dengan cara kerja bakti.
 Kerja baktipun, bukan hanya untuk membersihkan lingkungan, tetapi menjaga silaturahmi yang baik. Dengan kerja bakti, kita dapat berkumpul dengan tetangga yang ungkin jarang sekali untuk berkumpul/canda ria karena kesibukan masing-masing. Maka dari itu, jagalah lingkungan kita agar tetap bersih dan sehat.

Lingkungan sekitar kitah? 
a) memelihara tempat tinggal atau kantor

Rumah yang bersih dan asri membuat lingkungan lebih nyaman
jujur aja rumah admin gak ada taman.. :(( 
Kita sering mendengar “membangun itu lebih mudah daripada memelihara” dan ternyata memang benar hal itu. Memelihara kantor atau rumah dengan mengecat, menata taman lebih indah, membersihakn setiap ruangan dan sekitar rumah atau kantor sehingga tampak indah dan nyaman. Memelihara rumah atau kantor yang dilakukan setiap hari secara tidak langsung akan memelihara lingkungan yang kita bangun bersama
b. menjaga kebersihan lingkungan

Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bersama-sama
Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab setiap orang. Lingkungan yang bersih akan mencegah berjangkitnya penyakit. Kerja bakti merupakan salah satu cara dalam memelihara lingkungan sekitar, membersihkan saluran pembuangan air, meratakan tanah, membuang sampah ke dalam sebuah lubang hingga membersihkan rumput-rumput liar. Kita harus selalu menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar selalu bersih dan sehat.
c. pemeliharaan tambak

Tambak sebagai sumber penghidupan perlu dijaga kelestariannya
Tambak termasuk lingkungan buatan. Biasanya tambak banyak terdapat di wilayah yang berdekatan dengan laut. Pemeliharaan tambak meliputi persiapan tambak, menjaga kebersihan air dan aerasi tambak, pemberian pakan yang cukup serta menjaga kesehatan peliharaan.
d. menjaga keindahan taman kota

bagus khaann??  ( www.coretanmilikku.blogspot.com )
Hampir di setiap kota/kabupaten memiliki taman walaupun tidak luas. Taman kota biasanya banyak dinikmati oleh keluarga untuk sekedar rekreasi. Di samping itu, taman kota memiliki manfaat sebagai paru-paru kota penghasil oksigen sehingga suasana kota lebih adem dan segar. Kita harus menjaga kelestarian taman kota dengan tidak mencorat-coret pagar taman, tidak memetik tanaman atau bunga di taman, ikut menjaga agar taman menjadi lebih indah lagi.
oke ituh aja yang mau admin sampein.. KITA SEBAGAI GENERASI MUDA (admin masih muda) yang generasi tua sabar aja yak AHAHHAHA!! KITA SEBAGAI GENERASI MUDA HARUS MENJAGA BUMI YANG TERCINTA..
ih admin kayak peri  pembawa kebaikaan yaa?? (admin jadi malu)
SEE YOU NEXT TREADHT 




29 Juli 2011

PKN - Lahirnya Pancasila

puasaaa sebentarr lagiii... baju baru sebentar lagi (admin nyanyi)
3 hari admin diberi libur ,, anda senang? anda senang? ADMIN TIDAK (suara keras disertai gemuruh)

karena admin gak kemana mana.. jadi harus memandang dan mengerjakan PR dari guru2 yang tidak berkemanusiaan (lebay)

nah kali ini admin mau ngerjain PR PKN tentang LAHIRNYA PPANCASILA.. 
Langsung liad aja neh dibawah hehhehehe :: 

ini langsung ke cara pembuatan pancasila yak? (cara pembuatan -_-" ) 

A. PERUMUSAN PANCASILA

Anggota BPUPKI resmi dilantik pada tanggal 28 Mei 1945. Sehari berikutnya yaitu tanggal 29 Mei 1945, BPUPKI mulai bersidang. (ini sidang pertrtama)

Sidang berlangsung sampai tanggal 1 Juni 1945. Salah satu agendanya adalah merumuskan dasar negara Indonesia merdeka. Dalam sidang tersebut, beberapa anggota mengajukan usulan tentang dasar negara. Ada tiga tokoh yang mengajukan gagasan tentang dasar negara Indonesia. Mereka adalah Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Pada tanggal 29 Mei 1945, Mohammad Yamin mengemukakan gagasannya. Menurutnya, negara Indonesia harus berpijak pada lima dasar.

Berikut ini lima dasar usulan Mohammad Yamin.

1. Peri Kebangsaan
2. Peri Kemanusiaan
3. Peri Ketuhanan
4. Peri Kerakyatan
5. Kesejahteraan Rakyat
Selanjutnya, tanggal 31 Mei 1945 giliran Soepomo menyampaikan gagasannya. Menurutnya, Indonesia harus berdiri di atas asas-asas berikut.
1. Persatuan
2. Kekeluargaan
3. Keseimbangan Lahir dan Batin
4. Musyawarah
5. Keadilan Rakyat
Terakhir, tanggal 1 Juni 1945 giliran Soekarno menyampaikan usulannya. Soekarno juga menyatakan bahwa negara Indonesia
harus didirikan di atas lima dasar. Hanya saja, rinciannya berbeda. Berikut ini lima dasar negara usulan Soekarno.
1. Kebangsaan Indonesia atau Nasionalisme
2. Peri Kemanusiaan atau Internasionalisme
3. Mufakat atau Demokrasi
4. Kesejahteraan Sosial
5. Ketuhanan Yang Maha Esa
Usulan-usulan tersebut tidak langsung diterima oleh BPUPKI. Setiap usulan ditampung dan dimusyawarahkan bersama. Oleh karena itu, dibentuklah sebuah tim khusus. Tim tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah panitia kecil yang terdiri atas sembilan orang. Mereka adalah 
1.Soe karno
2.Moh. Hatta 
3.Moh. Yamin, Ahmad
4.Soebardjo
5. A.A. Maramis,
6. Abdul Kahar Muzakir,
7. K.H. Wachid Hasyim,
8. H. Agus Salim, 
 9.Abikoesno Tjokrosoejoso. 
Tim inilah yang kemudian disebut sebagai Panitia Sembilan. Panitia Sembilan bertugas membahas lebih lanjut usulan-usulan tentang dasar negara.
Image:Nilai_PP_6.jpg
Piagam Jakarta yang telah mengalami perubahan itu kemudian disahkan menjadi pembukaan (preambule) Undang-Undang Dasar 1945. Lima dasar atau sila yang dicantumkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 itu kemudian disebut Pancasila.




SELAMAT MENJALANI IBADAH PUASA

Kami Segenap tim blog ini .. (ada timnya? wew)
mengucampkan selamat menjalani ibadah puuasa oke?

semoga bisa menjalani puasa dengan baik sampai selesai :D

trus nanti beli beli baju dong (THR)

wkakkakka...



"Selamat Menjalani Ibadah Puasa" 
                             www.coretanmilikku.blogspot.com

KIMIA - ATOM, ION , MOLEKUL

hari ini admin yang imud dan cantik ini mendapatkan materi baru dalam pelajaran FISIKA..
nah judulnya tentang atom, ion, molekul, zat, unsur dan kawan kawannya

mesti baru sembuh dari sakit hati tapi admin tetp semangat untuk belajar!!! 
(contohlah admin yang satu inih!! )
kita tuh gak boleh mikirin sakit hati kita okeeh?? INGET PELAJARAN KITA!
JANGAN MAU PATAH SEMANGAT CUMAN GARA2 COWOK KAMFRET !!
(maap admin curhat)

SEMANGAT YAH SEMUAA!!!

oke admin admin lanjutkan :
jadi ketika mencari dan mencari,, akhirnya admin mendapatkan apa yang admin harapkan..
(YAY!)

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Atom
           http://www.crayonpedia.org/mw/ATOM%2C_ION%2C_DAN_MOLEKUL_8.1_SAEFUL_KARIM

http://www.crayonpedia.org/mw/BAB_3._ATOM_DAN_MOLEKUL

LANGSUNG ADMIN COPAS aja okeeh??


Atom, Ion, dan Molekul

Pada zaman dahulu, banyak para ilmuwan yang kebingungan dengan partikel materi. Apakah yang menjadi bagian terkecil dari suatu materi? Itulah pertanyaan yang pada saat itu menjadi misteri para ilmuwan. Akhirnya, berkat kecerdasan dan keingintahuan para ilmuwan, misteri itu pun perlahan-lahan terjawab. Materi ternyata mengandung partikel-partikel kecil, penyusunnya dapat berupa atom, ion, dan molekul. Bagaimanakah sistem periodik unsur mendeskripsikan unsur yang terdapat di alam? Apakah perbedaan antara atom, ion, dan molekul? Kamu akan mengetahuinya setelah mempelajari bab ini.
Seperti yang sudah kamu pelajari di kelas VII, materi meliputi zat murni dan campuran. Dua atau lebih zat murni dapat bercampur di antara satu dan lainnya membentuk suatu campuran tanpa kehilangan masing-masing sifatnya. Dengan demikian, komponen-komponen yang terdapat dalam suatu campuran dapat dipisahkan kembali satu sama lainnya dengan menggunakan cara-cara fisika, seperti penyaringan, distilasi, kristalisasi, sublimasi, dan kromatografi. Berbeda dengan campuran, zat murni tidak dapat dipisahkan menjadi materi yang lebih sederhana dengan menggunakan cara-cara fisika. Zat murni selanjutnya dapat dikelompokkan menjadi unsur dan senyawa. Senyawa merupakan gabungan dari dua atau lebih unsur yang terbentuk melalui reaksi kimia. Dengan demikian, hasil gabungan tersebut merupakan zat baru. Seperti sudah dibahas di kelas VII, setiap zat mengandung partikel-partikel terkecil yang menyusun zat tersebut. Misalnya, butiran-butiran gula pasir yang terlihat oleh mata kita bukanlah partikel-partikel terkecil dari gula pasir tersebut. Partikel terkecil dari gula pasir tak dapat kita amati secara langsung dengan mata bahkan dengan bantuan mikroskop paling canggih sekalipun. Jadi, seperti apakah bentuk partikel terkecil suatu zat itu? Sampai saat ini, para ahli ilmu pengetahuan alam belum ada yang mengetahuinya. Namun, mereka telah berupaya mengembangkan beragam model dari bentuk partikel terkecil suatu zat berdasarkan data yang mereka kumpulkan. Setiap zat yang berbeda mengandung komposisi partikel terkecil yang berbeda pula. Misalnya, logam besi disusun oleh partikel-partikel terkecil yang berbeda dengan partikel-partikel terkecil yang menyusun kalsium. Contoh lainnya, air mengandung partikel-partikel terkecil yang berbeda dengan partikel-partikel terkecil yang menyusun garam dapur. Begitu banyak ragam partikel-partikel terkecil yang ada di alam sesuai dengan beragamnya zat yang ada di alam. Untuk mempermudah mempelajarinya, para ahli telah mengelompokkan partikel-partikel terkecil yang menyusun berbagai macam zat ke dalam tiga golongan, yaitu atom, molekul, dan ion. Tahukah kamu perbedaan di antara ketiganya?


A. Atom

Keberadaan partikel terkecil yang menyusun materi, diajukan kali pertama oleh dua orang ahli filsafat Yunani, yaitu Leucippus dan Democritus sekitar 450 tahun sebelum Masehi. Kedua orang tersebut menyatakan bahwa semua materi disusun oleh partikel-partikel yang sangat kecil sekali dan tak dapat dibagi-bagi lagi yang disebut atom. Atom berasal dari bahasa Yunani, yakni atomos (a berarti tidak dan tomos berarti terbagi). Telah disinggung sebelumnya bahwa hingga saat ini manusia belum ada yang mampu melihat partikel terkecil dari zat secara langsung maupun dengan bantuan alat mikroskop tercanggih sekalipun. Dengan demikian, bentuk atom itu belum pernah ada yang mengetahuinya. Berdasarkan berbagai fenomena yang ada, John Dalton (1766–1844) yang merupakan seorang guru kimia dari Inggris, pada 1808 mengajukan pemikiran tentang partikel terkecil yang menyusun materi tersebut. Adapun intisari dari pemikiran John Dalton mengenai atom tersebut, yaitu: a. Setiap unsur terdiri atas partikel-partikel terkecil yangtak dapat dibagi-bagi lagi, disebut atom. b. Semua atom dari unsur yang sama memiliki ukuran dan massa yang sama. Atom-atom dari unsur yang berbeda memiliki massa yang berbeda pula (perhatikan Gambar 7.1.a). Dengan demikian, banyaknya macam atom sama dengan banyaknya macam unsur. c. Atom-atom tidak dapat dirusak. Atom-atom tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan melalui reaksi kimia. d. Melalui reaksi kimia, atom-atom dari pereaksi akan memiliki susunan yang baru dan akan saling terikat satu sama lain dengan rasio atau perbandingan bilangan tertentu (perhatikan Gambar 7.1.b).
Image:atom dalton.jpg
Pemikiran dari Dalton mengenai atom di atas dikenal dengan istilah model atom Dalton. Dengan pemikiran Dalton mengenai atom tersebut maka dapat dikatakan bahwa beragam (ribuan bahkan sampai jutaan) zat-zat yang ada di alam sebenarnya berasal dari partikel-partikel terkecil unsur (atom) yang jumlahnya relatif sangat sedikit (lihat jumlah macam unsur yang terdapat dalam sistem periodik unsur). Dalam gambar-gambar yang terdapat dalam buku-buku kimia seringkali atom dari unsur yang berbeda diberi warna yang berbeda. Misalnya, warna atom karbon diberi warna hitam sementara atom oksigen diberi warna merah, seperti ditunjukkan pada Gambar 7.2. Pewarnaan ini bukanlah warna dari atom itu sendiri. Pewarnaan yang berbeda hanya untuk menunjukkan bahwa atom tersebut berasal dari unsuryang berbeda. Harus diingat bahwa atom-atom dalam keadaan menyendiri atau tunggal tidak memiliki sifat-sifat tertentu, seperti warna, wujud, massa jenis, daya hantar listrik, titik didih, titik leleh, dan sebagainya. Sifat-sifat itu baru muncul jika atom-atom dalam jumlah besar bergabung membentuk kumpulan atom dengan cara-cara tertentu, contohnya adalah grafit dan intan. Kedua zat tersebut memiliki sifat yang berbeda, intan sangat keras dan tembus pandang, sedangkan grafit bersifat lunak, hitam, dan tidak tembus pandang. Kedua zat tersebut memiliki sifat yang berbeda, namun keduanya dibentuk oleh atom dari unsur yang sama, tetapi dengan cara-cara berikatan yang berbeda. Atom yang dimaksud di sini adalah atom karbon. Jika keduanya dibakar maka kedua zat tersebut akan menghasilkan zat yang sama, yaitu karbon dioksida (CO2). Secara umum, dapat dikatakan bahwa cara atom-atom berikatan ikut menentukan sifat dari zat yang dibentuk. Dalam grafit, terlihat pada Gambar 7.3, bahwa atom-atom karbon membentuk lapisan-lapisan tersendiri. Dalam setiap
IMage:atom karbon.jpg
lapisan, satu atom karbon memiliki tiga atom yang berdekatan (bertetangga). Sementara dalam intan, atom-atom tersusun lebih rapat, satu atom karbon dikelilingi oleh empat atom karbon.
IMage:grafit dan intan.jpg
Unsur-unsur logam seperti natrium, kalsium, tembaga, emas, dan besi dalam keadaan bebasnya atau tidak bersenyawa dengan unsur lain, tersusun atas partikel terkecil materi yang termasuk ke dalam golongan atom. Jadi, sepotong logam besi disusun oleh atom-atom besi yang memiliki struktur atau pola tertentu (lihat Gambar 7.4). Ingatkah kamu pembahasan di kelas VII mengenai perbedaan susunan antarpartikel dalam wujud padat, cair, dan gas?
Image:atom besi.jpg
Selain unsur logam, ada juga unsur-unsur bukan logam yang dalam keadaan bebasnya (dalam keadaan tidak bersenyawa dengan unsur lain) tersusun atas atom-atom. Misalnya, unsur-unsur dari golongan gas mulia helium (He), neon (Ne), argon (Ar), kripton (Kr), xenon (Xe), dan radon (Rn). Carilah informasi tentang unsur-unsur yang kamu kenal yang dalam keadaan bebasnya tersusun atas atom-atom. Untuk mempermudah mempelajari tentang sifat-sifat unsur dan senyawanya, para ahli kimia menyusun unsurunsur dalam suatu sistem periodik unsur. Sistem periodik
unsur merupakan suatu tabel yang berisi daftar semua unsur yang sudah dikenal atau diketahui keberadaannya. Pada tabel sistem periodik unsur, tercantum 118 macam unsur yang sudah berhasil diidentifikasi keberadaannya oleh para ahli. Unsur-unsur tersebut berada dalam keadaan bebas ataupun senyawanya di alam bahkan juga unsur-unsur yang hanya ada di laboratorium saja. Setiap kolom dalam sistem periodik unsur diberi istilah golongan. Dalam setiap golongan hanya terdapat satu golongan unsur. Dalam satu golongan, unsur-unsur akan disusun sesuai dengan kenaikan nomor massa. Unsur-unsur golongan utama diberi tambahan simbol A di belakang nomor golongannya, misalnya IA, IIA, IIIA, dan seterusnya (perhatikan Gambar 7.5).
Image:sistem periodik.jpg
Beberapa golongan utama mendapat sebutan khusus. Unsur-unsur yang terdapat dalam golongan utama pertama (IA), seperti litium (Li) dan natrium (Na) disebut unsurunsur golongan logam alkali (hidrogen bukan logam sehingga tidak termasuk logam alkali). Golongan utama kedua (IIA), seperti berilium (Be) dan magnesium (Mg) disebut unsurunsur logam alkali tanah. Unsur-unsur yang terdapat dalam golongan utama ketujuh (VIIA), seperti fluor (F) dan klor (Cl) disebut unsur-unsur golongan halogen. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam golongan utama kedelapan (VIIIA), seperti helium (He) dan neon (Ne) disebut unsur-unsur golongan gas mulia. Setiap baris sistem periodik dimulai dengan unsur logam alkali dan berakhir dengan unsur gas mulia. Unsur-unsur yang merupakan satu golongan akan ditemukan kembali sifat atomnya secara periodik dalam setiap baris. Oleh karena itu, baris dalam sistem periodik unsur disebut periode. Periode pertama hanya terdiri atas dua macam unsur, yaitu hidrogen dan helium. Berbeda dengan cara penulisan golongan yang memakai huruf Romawi, nomor periode ditulis dengan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7. Dalam sistem periodik unsur, setiap unsur ditulis dalam bentuk lambang unsur disertai dengan identitas yang dimiliki unsur tersebut, yaitu berupa nomor atom dan nomor massa.
Image:lambang atom.jpg

B. Molekul

Banyak partikel terkecil dari suatu zat di alam yang bukan atom, melainkan gabungan dari dua atau lebih atom unsur, baik dari unsur yang sama maupun berbeda. Gabungan dua atom atau lebih yang berasal dari unsur yang sama atau berbeda disebut molekul. Jika atomnya berasal dari unsur yang sama maka molekul tersebut disebut molekul unsur. Jika suatu molekul tersusun atas dua atau lebih atom dari unsur yang berbeda maka disebut molekul senyawa. Tidak seperti unsur logam yang partikel-partikel terkecilnya tersusun atas atom, partikel-partikel terkecil dari unsur-unsur bukan logam dapat berupa atom maupun molekul. Unsur-unsur golongan gas mulia (VIIIA) tersusun atas partikel terkecil kelompok atom. Adapun unsur-unsur golongan halogen (VIIA) tersusun atas molekul unsur. Untuk memantapkan pemahaman kamu tentang perbedaan antara molekul unsur dan molekul senyawa, kita ambil contoh gas oksigen dan gas karbon dioksida (lihat Gambar 7.6). Dari gambar tersebut terlihat bahwa molekul gas oksigen tersusun atas dua atom unsur yang sama, yaitu atom oksigen sehingga molekul oksigen termasuk molekul unsur (rumus O2), sedangkan molekul-molekul gas karbon dioksida termasuk molekul senyawa karena tersusun atas atom-atom dari unsur yang berbeda, yaitu satu atom karbon dan dua atom oksigen (rumus CO2). Contoh lain dari molekul unsur adalah molekul yang dibentuk oleh atom unsur hidrogen. Dua atom unsur hidrogen membentuk molekul unsur diatomik (disusun oleh dua atom) dengan rumus kimia H2. Selain unsur-unsur golongan halogen, unsur oksigen, dan unsur hidrogen, unsur nitrogen juga tersusun atas molekul diatomik dengan rumus molekul N2. Selain mampu membentuk molekul diatomik, beberapa unsur bukan logam juga mampu membentuk molekul poliatomik (molekul unsur yang tersusun atas tiga buahatau lebih atom). Misalnya, ozon (O3) merupakan molekul yang tersusun atas tiga buah atom unsur oksigen. Adapun belerang mampu membentuk molekul unsur yang tersusun atas 8 atom belerang (S8). Contoh zat yang partikel terkecilnya merupakan molekul senyawa adalah air. Air yang biasa kita minum mengandung partikel-partikel terkecil yang disebut molekul air. Molekul
Image:molekul oksigen.jpg
air ini tersusun atas dua atom unsur hidrogen dan satu atom unsur oksigen (rumus H2O). Karena molekul air tersusun dari atom-atom unsur yang berbeda maka molekul air termasuk molekul senyawa. Molekul air dapat dihasilkan dari reaksi antara molekul unsur hidrogen dan molekul unsur oksigen.
Image:satu molekul oksigen beraksi.jpg
Pada Gambar 7.7, terlihat bahwa molekul unsur hidrogen bereaksi dengan molekul unsur oksigen membentuk molekul senyawa air. Tiap molekul unsur oksigen akan bereaksi dengan dua molekul unsur hidrogen membentuk 2 molekul senyawa air. Jika satu molekul oksigen memerlukan dua molekul unsur hidrogen agar bereaksi sempurna membentuk 2 molekul senyawa air maka 2 molekul unsur oksigen memerlukan 4 molekul unsur hidrogen agar bereaksi sempurna membentuk 4 molekul air. Pada reaksi tersebut terlihat bahwa dalam reaksi kimia tidak ada kehilangan atom-atom. Jumlah atom H dan O di sebelah kanan sama dengan jumlah atom H dan O di sebelah kiri. Perbedaannya, yaitu masing-masing atom yang di sebelah kiri berikatan dengan atom dari unsur yang sama, sedangkan di sebelah kanan sudah berikatan dengan atom dari unsur lain membentuk molekul senyawa. Jumlah atom pada suatu reaksi akan tetap sehingga fenomena adanya Hukum Kekekalan Massa (jumlah massa zat-zat yang bereaksi sama dengan jumlah massa zat-zat hasil reaksi) dapat dipahami. Selain zat-zat yang telah disebutkan di atas, masih banyak zat-zat di sekitar kita yang partikel terkecilnya berupa molekul. Contohnya adalah gula putih (C12H22O11) yaitu zat yang biasa menjadi campuran untuk membuat kopi. Contoh lainnya adalah gas karbon monoksida (CO) dan etanol (C2H5OH). Karbon monoksida adalah gas yang dapat meracuni darah kita sehingga menimbulkan kematian. Adapun etanol yaitu zat yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan, seperti sterilisasi, campuran minuman keras, dan bahan bakar. Semua zat tersebut tersusun atas partikel-partikel terkecil materi yang disebut molekul.

[sunting]C. Ion

Pada awal abad ke-19, Dalton mengungkapkan bahwa partikel terkecil dari materi adalah atom. Pada pertengahan abad ke-19, banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa banyak zat tidak disusun oleh atom melainkan oleh partikelpartikel bermuatan yang disebut ion. Ukuran partikel ini adalah sekitar ukuran atom dan molekul. Contoh: orang sudah mengenal bahwa lelehan garam dan larutan garam dalam air dapat menghantarkan listrik. Dalam peristiwa tersebut, muatan listrik mengalir dengan cara yang berbeda dibandingkan dalam logam. Dalam logam, muatan listrik dibawa oleh elektron. Sebaliknya, dalam lelehan garam atau larutan garam dalam air, muatan listrik dibawa oleh ion-ion (ion positif dan negatif). Dengan demikian, partikel terkecil dari materi tidak hanya berbentuk atom dan molekul, tetapi juga dapat berbentuk ion. Muatan elektron merupakan jumlah muatan terkecil yang disebut sebagai muatan dasar (e). Muatan ion adalah satu kali atau beberapa kali muatan dasar tersebut. Karena itu, muatan ion hanya dituliskan dengan angka satu atau kelipatan dari muatan tersebut. Logam-logam membentuk ion-ion bermuatan positif (kation). Ion-ion unsur bukan logam sebagian besar membentuk ion bermuatan negatif (anion). Atom-atom dalam keadaan netral mengandung muatan positif dan negatif yang sama jumlahnya. Atom-atom tersebut berubah menjadi ion saat menerima atau melepaskan elektron (lihat Gambar 7.8). Apakah suatu ion bermuatan satu atau beberapa kali dari muatan dasar dapat diperkirakan dari letak unsur yang bersangkutan dalam sistem periodik unsur? Ion-ion logam alkali (IA) selalu membentuk ion-ion bermuatan positif satu, misalnya ion litium (Li+), ion natrium (Na+), dan ion kalium (K+). Ion-ion logam alkali tanah (IIA) memiliki muatan positif dua, misalnya ion kalsium (Ca2+) dan magnesium (Mg2+).
Image:pebentukan ion2.jpg
Seperti halnya ion-ion dari unsur logam, ion-ion dari unsur bukan logam dapat diperkirakan muatannya berdasarkan letak unsur tersebut dalam sistem periodik unsur. Ion-ion dari unsur golongan halogen (VIIA) selalu bermuatan negatif satu, yaitu ion fluorida (F–), ion klorida (Cl–), ion bromida (Br–), dan ion iodida (I–). Ion-ion dari golongan VIA, seperti oksigen membentuk ion bermuatan negatif dua, oksida (O2–) atau belerang yang juga membentuk ion bermuatan negatif dua, sulfida (S2–). Dari unsur golongan VA, orang mengenal unsur nitrogen yang mampu membentuk ion bermuatan negatif tiga, nitrida (N3–). Adapun unsur-unsur golongan gas mulia VIIIA tidak membentuk ion. Di samping ion yang berasal dari satu buah atom unsur (monoatom), terdapat pula ion yang berasal dari gabungan dua atau lebih atom unsur yang berbeda (poliatom). Misalnya, ion sulfat bermuatan negatif dua (SO4 2–), ion nitrat bermuatan negatif satu (NO3 –), ion asetat bermuatan negatif satu (CH3COO–), ion amonium yang bermuatan positif satu (NH4+), dan ion hidroksil yang bermuatan negatif satu (OH–). Zat-zat yang tersusun atas ion memiliki muatan listrik netral. Hal ini disebabkan oleh jumlah muatan positif dan negatif yang sama. Contoh: natrium klorida (NaCl) tersusun atas ion natrium yang bermuatan positif satu dan ion klor yang bermuatan negatif satu dalam perbandingan 1 : 1, magnesium klorida (MgCl2) tersusun atas ion magnesium yang bermuatan positif dua dan dua ion klor yang bermuatan negatif satu dalam perbandingan jumlah ion magnesium dan jumlah ion klor = 1 : 2. Dengan demikian, jumlah muatan positif yang berasal dari ion magnesium sama dengan jumlah muatan negatif yang berasal dari ion-ion klor. Dalam aluminium klorida (AlCl3), satu ion aluminium yang bermuatan positif tiga dinetralkan oleh tiga ion klor yang bermuatan negatif satu. Antara ion-ion positif dan negatif yang menyusun suatu garam saling tarik-menarik satu dengan lainnya membentuk kisi kristal. Kisi kristal ini beragam jenisnya, bergantung pada macam perbandingan ukuran ion positif dan negatif yang berikatan. Berikut ini digambarkan salah satu model kisi kristal dari senyawa garam dapur atau natrium klorida (NaCl).
Image:model kisi kristal ...JPG.jpg
Pada Gambar 7.9 terlihat bahwa satu ion natrium dikelilingi oleh enam ion klor. Sebaliknya, satu ion klor dikelilingi oleh enam ion natrium. Keteraturan ini dimiliki oleh setiap ion natrium dan ion klor. Dengan demikian, kedua ion tersebut tidak membentuk molekul melainkan membentuk suatu kisi kristal. Tiap-tiap ion tetap berada pada tempatnya. Ini bisa menjelaskan mengapa padatan garam dapur tidak dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan lelehannya dapat menghantarkan arus listrik. Ketika natrium klorida (NaCl) dilarutkan dalam air maka kisi kristal NaCl akan terurai membentuk ion natrium dan ion klor. Kedua ion tersebut akan berinteraksi dengan molekul air, seperti ditunjukkan pada Gambar 7.10. Ion-ion yang bermuatan berlawanan ini memiliki gaya tarik listrik yang kuat. Ikatan kimia yang terjadi karena gaya tarik listrik ini disebut ikatan ion. Senyawa yang terbentuk karena adanya ikatan ion disebut senyawa ion. Adanya gaya tarik yang kuat ini bisa menjelaskan mengapa garamgaram atau senyawa ion umumnya memiliki titik leleh dan titik didih yang tinggi, jauh lebih tinggi dari zat-zat yang tersusun atas molekul-molekul. Setelah mempelajari ion, sudahkah kamu memahaminya? Kerjakanlah soal-soal berikut untuk menguji pemahamanmu.
Image:interaksi ion.jpg



admin masih gak ngerti ih ._.





27 Juli 2011

BAHASA INGGRIS - Beli Kamus?

oke hari ini aku belajar tentang ADJACTIVES

(aku?? ahahaahha)  nah lalu kelas admin dikasih vocabulary yang artinya tidak diketahui semua umat manusia,, ahahhaha,, bukanlah =-=

mksdnya banyak yan gak tau ( baca: cuman admin yang gak tau)

untuk ada kamus yang telah membantu kesulitanku >>

karena mata admin agak agak seipet (rabun)
jadi carinya susah

UNTUNG ADA GOOGLE TRANSLATE 
(promosi google)

makanya admin mudah untung menari kata2 yang admin anggap sulit

nah buat yang gak punya kamu gak punya alfalink
alfalink adalah : semacam alat yang dapatt me "translate" bahasa inggris

ITUH DERITA LOE ahahahha, (sok bijak mode off)


 bukan bukan.. bukan ituh maksud admin,, tolong ngertiin admin sedikit dong

bagi yang gak punya kamus dan alfalink langsung aja buka kesini
http://translate.google.com/
(sok bijak mode on)

bagi yang gak punya internet.. loeehh pergih ajah keh warnet deket kampung sebelah,, wokaowkokwka

pergilah ke warnet terdekat untuk bermain game online bahahhaha.. terserah u aja mau ngapain

ituh urusan loeeh bukan urusan gueeh

(admin sekaran udah jaddi anak gahul)

26 Juli 2011

Komitmen Kelas

oke sebagai muris sekolah kita memiliki larangan2 tertentu yang sering admin lakukan (buka aib) 
Jangan ditiru oke? oke? HOMPIMPAH 

oke peraturan bagi para siswa yang alim diseluruh indonesia ANGKAT TANGANMUU (ngaco) 
oke langsung dilihat aja
1. tidak mengerjakan PR di sekolah (lakukan ini ketika tidak ada guru OKEEEH? )

2. mengerjakan PS sendiri ( jangan lakukan ini,, mungkin aja nilai u bakalan jelek,, kalo mau kerja sama cari temen yang RANGKING) 

3. membawa buku sesuai jadwal (kalo kalian gak bawa buku jangan ngaku nanti kena hukum.. lebih baik sebelum kamu masuk kalian meminjam buku anak kelas lain,, biar gak kena hukum)
 tapi jangan segera  mengembalikan  buku kpada pemiliknya oke? biar temen kita yang di HUKUM AHAHAHHAHAHA 

4. buang sampah pada tempatnya (kalo kalian merasa memiliki sampah buang aja kemuka temen kalian trus sambil teriak NIH TONG SAMPAH GUE!! #cari ribut )

5. selalu hormat pada guru (kalo ini penting banged.. gak percaaya?? coba aja gaplok guru kalian paling juga kena SCORES SETAHUN) AHAHAHHAHA

INI KOMITMEN SESAT PUNYA ADMMIN,,, BERNIAT UNTUK MELAKUKANNYA??
HUBUNGI BIDAN.. 

BAHASA INDONESIA - SOSIAL

ini bukan ngebahas masalah sosial tpi ini lebih ke inti buku BSE nya (lho??)
jadi karena buku BSE bahasa indonesia di sekolah admin terbatas,, jadi gak bisa di pinjam oleh sembarang orang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

(uwwee!!!))

nah jadi admin ber inisiatif untuk mencari buku BSE sendiri,,, ahahhahaha
dan akhirnya ADMIN LANGSUNG DAPET.. (ah aku terkejut )




 oke pada mau download??
langsung aja buka di WEB INI:  http://www.crayonpedia.org/mw/BAB_1._SOSIAL

selamat belajar pada murid2 ku... 


Twitter?

punya twitter? punya acount twitter?

SEGERA FOLLOW :

                          @Fennyluciana27

Follow back? Just Mention ke Admin oke?
toloong follow akuu :(( #muka melas mode


oke makasih ya,,, :DD

FISIKA - Ngulangin Lagi?? GILAAA

oke hari ini admin disuruh untuk MENGULANGI SEMUA PELAJARAN IPA KELAS TUJUH


apabanged deh,, admin ini khan dah kelas 8!! ya tapi harus gimana lagi ituh dah perintah dari GURU sih.. admin gak bisa coment apa apa lagi deh...

dengan santtai nya admin pulang ke rumah layaknya anak tanpa dosa,, yang lupa akan beban (belajar semua BAB kelas 7)

nah di waktu yang kurang tepat (baca: malam hari ) otak admin yang kadang error ittu,, baru mengingatkan "beban" tersebut... dan dengan terpaksa admin membuka buku (bohong)

meski ingad akan hal itu,, admin santai santai ajaaa... karena admin merasa sudah pintar.. bahahhahaha

(percakapan ini dilakukan dalam hati)
Admin : ah pelajaran kelas 7 mah kecil,, pasti gampang2
Si SETAN: iya tidur aja ini udah malem,, besok pagi jug baca2 sebentar di sekolah pasti langsung hafal
SI BAIK :  jangan pelajarin aja katanya mau jadi anak yang berprestasi..

karena admin ini 89% nya terkandung SI SETAN ahahahah.. akhirnya admin lebih mendengarkan si SETAN

dan sewaktu kami (ce elaah) di beri TEST.. admin 100% GAK BISA
dan mengandalkan satu satunya otak yang admin punya.. (aku cinta otakku)

ya gatau deh ituh TES mau dapet berapa.. yang penting gaya harus tetep KECEEEHH (muncrat )


oke sampe jumpa lagii... thanks for reading wkakwkkakwka

CURHAT SANG ADMIN~

oke sorry ini bukan tentang pelajaran tpi ini tentang curhat sang admin... besok adalah hari terakhir untuk mengumpulkan PRAKTEK BIOLOGI
Baca: http://coretanmilikku.blogspot.com/2011/07/praktek-biologi-pertumbuhan-kacang.html

nah tapi kacang kedelaiku belum numbuh apa apaaaa... yang ada kacangku busuk dan dilaletin... (ih apa banged)

admin juga gak tau kenapa ituh kacang sampe gak numuh.. pas admin nanya sama temen2 yang lain mereka punya kacang juga gak numbuh (oh yeaaah ada temen...)

mungkin bisa di bilang kalo praktek yang admin lakukan GAGAL TOTAL (GATOT) tapi mau gimana lagi atuh.. harusnya mah kacang ijo aja.. admin takut gak dapet nilai nih kawan kwaaaannn...


TOLONG BANTU ADMIN YANG CANTIK INI !!!

25 Juli 2011

EKONOMI - Kebutuhan Manusia

oke hari ini admin akan menuliskan tentang "kebutuhan manusia"

ini khan pelajaran ekonomi yang lagi diajarin di skul admin,, tpi admin merasa pelajaran ini EASY tumben?
gini2 admin khan jago IPS  kok bukan IPA? (JANGAN BANYAK COMENT)

oke mungkin memang otak admin lebih menguasai hafalan,, daripada logika,,, cinta ini kadang2 tak ada logikaa ilusi sebuah hasrat dalam hati 
oke makin ngacoo

langsung admin copas aja dari link yang telah admin temukan buka aja dari sini : http://organisasi.org/kebutuhan_hidup_ekonomi_manusia_kebutuhan_primer_sekunder_tersier_jasmani_rohani_sekarang_masa_depan_pribadi_dan_sosial

admin hanya copy yang penting2 :


Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan diperlukan pengorbanan untuk mendapatkannya.
Di bawah ini akan diberikan jenis, macam aneka ragam definisi atau pengertian dari tiap-tiap kebutuhan manusia selama hidupnya di dunia :
A. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingan / Prioritas
1. Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Contohnya adalah seperti sembilan bahan makanan pokok / sembako, rumah tempat tinggal, pakaian, dan lain sebagainya.
2. Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum masuk dalam kategori mewah.
3. Kebutuhan Tersier / Mewah / Lux
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya adalah mobil, antena parabola, pda phone, komputer laptop notebook, tv 50 inchi, jalan-jalan ke hawaii, apartemen, dan lain sebagainya.
B. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifat
1. Kebutuhan Jasmani / Kebutuhan Fisik
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan badan lahiriah atau tubuh seseorang. Contohnya seperti makanan, minuman, pakaian, sandal, pisau cukur, tidur, buang air kecil dan besar, seks, dan lain sebagainya.
2. Kebutuhan Rohani / Kebutuhan Mental
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya secara kejiwaan. Contohnya seperti mendengarkan musik, siraman rohani, beribadah kepada Tuhan YME, bersosialisasi, pendidikan, rekreasi, hiburan, dan lain-lain.
C. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu
1. Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang benar-benar diperlukan pada saat ini secara mendesak. Contoh adalah kebelet pipis, makan karena sangat lapar, pengobatan akibat kecelakaan, dan lain sebagainya.
2. Kebutuhan Masa Depan
Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang dapat ditunda serta dipenuhi di lain waktu di masa yang akan datang. Contoh yaitu pergi haji, pendidikan tinggi, pahala untuk bekal akherat, membeli mobil toyota yaris terbaru, dan lain sebagainya.
D. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek / Subyek Penggunanya
1. Kebutuhan Individual / Individu / Pribadi
Kebutuhan individu adalah jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang perseorangan secara pribadi. Contohnya adalah sikat gigi, menuntut ilmu, sholat lima waktu, makan, dan banyak lagi contoh lainnya.
2. Kebutuhan Sosial / Kolektif
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan akan berbagai barang dan jasa yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan sosial suatu kelompok masyarakat. Contohnya adalah jalan umum, penerangan tempat umum, berserikat mengeluarkan pendapat, berbisnis, berorganisasi, dan lain-lain..


oke sampai jumpa di new entri selanjutnya 

24 Juli 2011

PKN : IDEOLOGI

kemaren admin selamat dri guru admin yang bertanya tentang pancasila beserta lambang2nya,, sekarang admin malah dikasih tugas.. cuman dikasih dua nomor sih tapi jawabanya kayaknya panjang panjang...

ini soalnya..
1. jelaskan arti ideologi dari suatu negara
2. jelaskan secara lengkap lahirnya pancasila dari sidang BPUPKI yang pertama sampai sidang PPKI

oke setelah berpuasa selama satu abad 2 jam (ngaco) dan menetap didepan komputer selama bertahun2 akhirnyaaa... (bersambungg...)

karena ketika admin mencari dari berbagai sumber admin hanya melihat satu halaman penuh dengan tulisan sehingga admin tidak sanggup untuk membacanya...  tapi tanpa rasa menyerah admin tetap mencari dan inilah dia., hasil pencarian admin "blog ini"

CHECK THIS OUT: http://eri32.wordpress.com/2009/07/31/sejarah-lahirnya-pancasila/

langsung liad aja dari situ,, karena admin gak bisa copy,,, becaus (baca: karena) admin gak tahan sama semua tulisan haram  yang terkandung didalamnya,, ahahahahaaha... jadi kalian liad aja,,

admin aja gak tau harus copy dari mana tuh semua tulisan maka ituh.. kalian liad sendiri,, hohoohoh...

jangan lupa bawa obat mata,,