18 September 2011

GEOGRAFI BAB SATU : LETAK ASTRONOMIS DAN GEOGRAFIS

udah lama gak buka ini blog ,, yaa karena semakin males belajar ajaa... (gak patut dicontoh) naahh sekarang admin mau masukin  tentang "LETAK ASTRONOMIS DAN LETAK GEOGRAFIS INDONESIA" yyaa pasti semua tentu pernah denger dongg,,

yaa kayak admin tau letak astronomis dan letak geografis tapi dah lupa isinya kek gimana .. ini   tuh  pelajaran aanak SD yang diulang ulang gak tau sampe kapaan sama gurunya..

nahh jadi sekarang admin mau ngasih tau tentang letak indonesia ~ :) ini admin dapet dari Mr. Google

SILAHKAANN : 


Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia (masa?) . 
Letak Indonesia secara astronomis adalah 6 derajat Lintang Utara sampai 11 derajat Lintang Selatan, dan 95 derajat Bujur Timur hingga 141 derajat bujur Timur. Ini berarti Indonesia terbentang dari Barat ke Timur dilintasi oleh equator (garis khatulistiwa). 

naahh ini bentuk peta indonesia...


Sedangkan secara geografis Indonesia terletak di antara dua samudera (Samudera Hindia dan Pasifik) serta antara dua benua (Benua Asia dan Australia)

Letak Indonesia sangat strategis sehingga berpengaruh besar terhadap kondisi ekonomi, sosial, budaya, dan dimensi lainnya.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia mempunyai garis pantai terpanjang di dunia (81000 km). Hal ini wajar mengingat Indonesia mempunyai banyak sekali pulau, sekitar 17.508 pulau. Lima pulau terbesar di Indonesia yaitu: Irian, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Jawa. 

Maka luas Indonesia menjadi 1.9 juta mil persegi, yang merupakan negara terluas ke-15 di dunia. (cara ngukurnya gimna tuh? pake meteran? ) 

Sebagian ahli membagi Indonesia atas tiga wilayah geografis utama, batas di antara ketiganya adalah garis Weber-Wallacea, yakni:
  • Indonesia Bagian Barat : Kepulauan Sunda Besar meliputi pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi.
  • Indonesia Bagian Tengah : Kepulauan Sunda Kecil meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.
  • Indonesia Bagian Timur : Kepulauan Maluku dan Irian

Pembagian ini sedikit banyak mempengaruhi pembagian waktu, flora-fauna, dan kondisi alam di Indonesia.
Batas-batas negara Indonesia adalah sebagai berikut, batas wilayah di laut harus mengacu pada UNCLOS (United Nations Convension on the Law of the Sea) :
  • Barat : Pulau Simeulucut, Salaut Besar, Rawa, Rusa, Benggala dan Rondo berbatasan dengan Samudera Hindia
  • Timur : Pulau Timor berbatasan dengan Timor Leste, pulau Papua/ Irian berbatasan dengan Papua Nugini
  • Selatan : Pulau Dana, Dana (pulau ini tidak sama dengan Pulau Dana yang disebut pertama kali, terdapat kesamaan nama), Mangudu, Shopialoisa, Barung, Sekel, Panehen, Nusa Kambangan, Kolepon, Ararkula, Karaweira, Penambulai, Kultubai Utara, Kultubai Selatan, Karang, Enu, Batugoyan, Larat, Asutubun, Selaru, Batarkusu, Masela, dan Meatimiarang berbatasan dengan Australia dan Samudera Hindia
  • Utara : Pulaunya perbatasan yang sangat banyak dan berbatasan dengan negara Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Thailand.


    daah tamaat,,, kalo misalnya ini masih kurang jelass,, nanti di comeent aja yak terus kasih tau ke email admin.. :D nanti kalo bagus admin masukin ke blognyaa hehehe... 

    semogaa blog ini "sesuaatu banged" (tren sekarang,, kata sesuatu banged dari shahrini)